kampung cisitu

Terimakasih sudah singgah di blog kampung cisitu

Laut-lau Terlarang

Jumpa lagi sahabat, bagaimana kabarnya? semoga sahabat semua ada dalam lindungan Allah SWT.
Pada artikel kali ini saya ingin berbagi dengan sahabat semua, yakni ada beberapa laut terlarang yang angker diantaranya :

1. Segitiga Masalembo
Kepulauan Tengah, kadang terjadi arus laut dan angin yang mengalir akibat adanya perbedaan tekanan dalam siklus harian ataupun tahunan (monsoon) lalu keduanya bertemu menjadi satu mirip layaknya tornado, badai, hurricane ataupun typhoon namun dalam putaran yang lambat tapi tiba-tiba berpindah arah.”
Dua kecelakaan lalulintas pada transportasi udara dan laut di daerah Masalembu atau lebih dikenal luas bernama Masalembo ini, pada beberapa tahun terakhir sangat memprihatinkan.
Beberapa kecelakaan di perairan Masalembo mungkin telah banyak terjadi pada masa silam. Namun mulai viral setelah terjadinya Tragedi Tampomas-I. Setelah itu, masih di perairan yang sama, ada beberapa musibah yang ikut menyertainya.
Untuk lebih jelasnya tonton videonya.


2. Laut Selatan
Ratu Laut Selatan adalah sebutan yang pada umumnya merujuk pada dua tokoh, yaitu Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul. Tokoh ini sangat populer di kalangan masyarakat Pulau Jawa dan Bali. Kepercayaan akan adanya penguasa lautan di selatan Jawa (Samudera Hindia) terutama dikenal oleh suku Sunda dan suku Jawa. Orang Bali juga meyakini adanya kekuatan yang menguasai pantai selatan ini.
Untuk lebih jelasnya tonton videonya.



3. Selat Karimata
Selat Karimata adalah selat luas yang menghubungkan Laut Cina Selatan dengan Laut Jawa. Selat ini terletak di antara Pulau Sumatra dan Kalimantan di Indonesia.
Lebar selat ini sekitar 150 km apabila diukur dari Kalimantan hingga Pulau Belitung. Belitung dipisahkan dari Pulau Bangka oleh Selat Gaspar. Bangka terletak dekat pesisir timur Sumatra yang dipisahkan oleh Selat Bangka. Kepulauan Karimata terletak di Selat Karimata. Selat Karimata juga merupakan salah satu selat terbesar di Indonesia.
Untuk lebih jelasnya tonton videonya.


4. Laut China Selatan
Laut China Selatan adalah laut tepi, bagian dari Samudra Pasifik, yang membentang dari Selat Karimata dan Selat Malaka hingga Selat Taiwan dengan luas kurang lebih 3.500.000 square kilometer (1.400.000 sq mi). Laut ini memiliki potensi strategis yang besar karena sepertiga kapal di dunia melintasinya. Laut ini juga memiliki kekayaan makhluk hidup yang mampu menopang kebutuhan pangan jutaan orang di Asia Tenggara sekaligus cadangan minyak dan gas alam yang besar.Menurut "Limits of Oceans and Seas, 3rd edition" (1953) yang dirilis Organisasi Hidrografi Internasional (IHO), laut ini terletak :
  • di sebelah selatan Tiongkok;
  • di sebelah timur Vietnam;
  • di sebelah barat Filipina;
  • di sebelah timur semenanjung Malaya dan Sumatera hingga Selat Singapura di sebelah barat, dan
  • di sebelah utara Kepulauan Bangka Belitung dan Kalimantan


Akan tetapi, menurut draf tak resmi edisi ke-4 (1986),[5] IHO mengusulkan pembentukan Laut Natuna sehingga batas selatan Laut China Selatan dipindahkan ke utara dari sebelah utara Kepulauan Bangka Belitung ke sebelah utara dan timur laut Kepulauan Natuna.
Kepulauan Laut China Selatan yang terdiri atas sekian ratus pulau kecil. Laut beserta sebagian besar pulau tak berpenghuninya diperebutkan oleh berbagai negara. Klaim-klaim kedaulatan ini terbukti dari banyaknya nama yang diberikan untuk pulau-pulau dan laut ini.
Untuk lebih jelasnya tonton videonya.


5. Selat Bali
Selat Bali adalah selat yang memisahkan antara Pulau Jawa (di sebelah barat) dengan Pulau Bali (di sebelah timur). Selat Bali dihubungkan dengan layanan kapal ferry dengan Pelabuhan Gilimanuk (di Bali) dan Pelabuhan Ketapang (di Jawa). Dalam jangka panjang, selat ini rencananya akan dibangun jembatan yang menghubungkan kedua pulau tersebut.
Untuk lebih jelasnya tonton videonya.


Semoga bermanfaat

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentarnya sob

Komentar

Popular Posts

Label

Blog Archive

Recent Posts

Recent Posts Widget

Data Lengkap

Data Lengkap
Kampung Cisitu The Best