kampung cisitu

Terimakasih sudah singgah di blog kampung cisitu

Orangtua dan Sekolah

Bersekolah adalah berkisar tentang mengajukan pertanyaan. Guru bertanya kepada murid, dan begitu pula sebaliknya. Mengajukan pertanyaan adalah cara yang baik untuk belajar dan mengajar. Jadi, bila tiba waktunya untuk pertemuan orang tua murid, berikut ini adalah beberapa pertanyaan kunci yang dapat di ajukan kepada guru, untuk membantu memanfaatkan waktu pertemuan tersebut dengan sebaik-baiknya serta untuk membekali agar menjadi pedorong yang lebih baik bagi anak yang masih sekolah.

Kebanyakan dari pertanyaan-pertanyaan ini akan terliputi dalam pertemuan-pertemuan seperti itu. Jangan khawatir. Ingat-ingatlah pertanyaan tersebut dalam benak sewaktu memikirkannya, dan gunakanlah daftar ini untuk membantu menemukan pertanyaan yang mungkin tidak muncul di benak.
  • Apa saja keterampilan serta pengetahuan yang diharapkan untuk dikuasai anak saya selama tahun ini?
  • Apa saja standard-standard yang harus dipenuhi, serta bagaimanakah kami dapat mengetahui apakah anak kami sudah memenuhinya?
  • Bagaimana anak saya akan dievaluasi? Informasi apa yang digunakan? Bagaimana cara menentukan nilai, serta sistem penilaian apa yang Anda gunakan? (Bila perlu, mintalah agar sistem penilaiannya dijelaskan kepada Anda).
  • Apa yang dapat saya lakukan di rumah untuk turut membantu anak saya?
  • Apakah Anda memiliki sistem bagi orang tua untuk mengetahui apa saja pekerjaan rumah yang diberikan?
  • Apa yang Anda lihat sebagai kelebihan/kekurangan dari anak saya?
  • Bagaimana anak saya bersosialisasi?
  • Apakah mereka terlihat mempunyai teman dan berteman baik dengan murid-murid lainnya?
  • Apakah anak saya terlihat senang pada umumnya?
  • Apakah anak saya bersikap hormat kepada Anda?
  • Apakah mereka mengikuti peraturan di kelas?
  • Apakah mereka sopan dan ramah?
  • Apakah anak saya melakukan sesuatu sesuai potensi mereka?
  • Apakah mereka berusaha sebaik-baiknya?
  • Apakah anak saya mengumpulkan pekerjaan rumahnya tepat waktu, dan mengerjakan tugasnya dengan sebaik-baiknya?
  • Apakah anak saya aktif berbicara atau bertanya di kelas?
  • Apakah mereka meminta bantuan jika mereka bingung atau tidak yakin?
  • Apa rencana tindakan kita untuk semester berikutnya?
  • Apa gol yang harus kita buat untuk tugas di sekolah dan juga tugas di rumah?
Ini merupakan kesempatan untuk menjelaskan seberapa banyak waktu yang tersedia untuk membantu, apakah itu untuk acara pesta perayaan di kelas, mendampingi anak atau hadir di kelas. Guru mengerti bahwa orang tua memiliki situasi yang beragam, dalam hal pekerjaan, adik-adik yang masih kecil dan sebagainya. Beberapa orang dapat menyumbangkan banyak bantuan di dalam kelas, sementara yang lain tidak.

Sumber keluarga.com
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentarnya sob

Komentar

Popular Posts

Label

Blog Archive

Recent Posts

Recent Posts Widget

Data Lengkap

Data Lengkap
Kampung Cisitu The Best