kampung cisitu

Terimakasih sudah singgah di blog kampung cisitu

Khasiat bawang putih

 

Assalualaikum, 

Apakah sahabat cisitu sehat suka mengkonsumsi bawang putih? Teman-teman sahabat cisitu sehat pasti sudah tidak asing dengan bumbu dapur yang satu ini karena hampir semua bumbu masakan menggunakan bawang putih.


Sudah bukan rahasia umum jika bawang putih memiliki banyak kandungan manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya dengan dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Manfaat makan bawang putih mentah secara dermatologis terbukti menangkal beberapa gangguan penyakit mulai dari flu batuk dan radang.

Bahkan sampai penyakit serius sekalipun, seperti kolesterol, kanker, dan sebagainya. Itulah sebabnya banyak orang yang secara khusus mengkonsumsi bawang putih sebagai obat atau pencegahan gangguan penyakit tertentu.


Mengkonsumsi bawang putih memang bisa menjadi alternatif alami yang bisa dilakukan untuk mencegah beberapa penyakit.

Sebagai salah satu jenis umbi-umbian, bawang putih yang memiliki nama latin Allium Sativum ini memiliki banyak kandungan nutrisi.

Berikut ini kandungan nutrisi dalam bawang putih yang biasanya terdiri dari 1-10 siung (3 garm) yang perlu sahabat cisitu ketahui:


  • 4,5 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 0,2 gram protein
  • 0,1 gram serat
  • 0,01 gram lemak
  • 0,03 gram gula alami
  • 5 milligram kalsium
  • 1 milligram magnesium
  • 11 miligram kalium
  • 3% Mangan untuk kebutuhan harian tubuh
  • 1% Selenium kebutuhan harian tubuh
  • Vitamin C sebanyak 0,9 miligram atau setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh
  • Zat besi 0,05 miligram  atau setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh
  • Tembaga,
  • vitamin B1, dan
  • fosfor.


Manfaat makan bawang putih mentah juga berasal dari beberapa kandungan senyawa sulfur aktif, seperti s-allyl cysteine dan diallyl disulfide.

Ketika sahabat cisitu sehat mengunyah bawang putih, maka zat-zat sulfur yang keluar dari bau bawang putih akan bereaksi membentuk kandungan allicin yang bermanfaat bagi tubuh.


Berikut ini rincian manfaat makan bawang putih mentah :

1. Menangkal Pilek, Batuk, Dan Radang

Mengkonsumsi bawang putih di pagi hari ternyata dapat menjadi obat alami untuk memperkuat kekebalan tubuh.

Kandungan allicin dalam bawang putih efektif membunuh bakteri penyebab penyakit, seperti pilek, radang tenggorokan, dan batuk. Kandungan diallyl sulfide-nya juga dapat membantu melawan bakteri dalam tubuh.


2. Mengobati Jerawat Membandel

Jerawat adalah masalah kulit yang paling mengganggu penampilan seseorang, itulah sebabnya banyak orang yang bersusah payah menggunakan berbagai cara untuk menghilangkannya.

Salah satu cara untuk menghilangkan jerawat bisa dilakukan secara alami menggunakan bawang putih.

Ternyata bawang putih mentah bisa bermanfaat untuk menghilangkan jerawat bahkan yang membandel sekalipun.


3. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat makan bawang putih mentah ternyata juga bisa mengatasi masalah rambut, salah satunya adalah kerontokan.

Bawang putih mengandung zat sulfur dengan keratin yang tinggi sehingga mampu membantu memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala.

Apalagi jika punya masalah alopecia atau kebotakan maka bisa mengkonsumsi bawang putih mentah untuk mengatasinya.


4. Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur dapat membantu mencegah kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. 

Hal tersebut berdasarkan jurnal penelitian yang pernah dipublikasikan oleh Journal of Postgraduate Medicine yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi sekitar 10 gram atau 1 sampai 2 siung bawang putih setiap hari berturut-turut selama sebulan dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.


5. Menjaga Kesehatan Jantung

Sahabat cisitu sehat bisa menjaga kesehatan jantung dengan rutin mengkonsumsi bawang putih mentah.

Karena bawang putih ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga dapat mencegah terbentuknya enzim pada organ hati yang biasanya menjadi penyebab kadar kolesterol dalam tubuh.


6. Menawarkan Efek Antiradang

Mengkonsumsi bawang putih mentah efektif meredakan efek antiradang dibandingkan bawang putih yang sudah diolah.

Manfaat tersebut terlepas dari kandungan allicin yang ada di bawang putih.

Jika mengkonsumsi bawang putih mentah secukupnya, alias tidak berlebihan karena jika mengkonsumi bawang putih mentah jutru dapat memperparah jika dikonsumsi berlebihan.


7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ada yang pernah melakukan penelitian pada hewan yang menunjukan bahwa bawang putih dapat meminimalkan pengeroposan tulang terutama meningkatkan kadar estrogen pada wanita.

Selain itu ada pula studi pada wanita menopause yang mengungkapkan bahwa bawang putih mentah dapat menurunkan tanda defisiensi estrogen yang dapat menyebabkan gangguan tulang.


8. Mencegah Alzheimer Dan Demensia

Bawang putih mentah memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mencegah masalah jaringan otak, seperti Alzheimer dan demensia.

Penyakit Alzheimer dan demensia dapat disebabkan karena stres oksidatif karena radikal bebas, sehingga mengkonsumsi antioksidan efektif mencegahnya semakin parah.

Hal tersebut juga efek berkelanjutan karena mengkonsumsi bawang putih mentah baik untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang bisa mengurangi risiko penyakit alzheimer dan demensia.


9. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Manfaat makan bawang putih mentah yang sangat fenomenal adalah dapat menurunkan risiko penyakit kanker.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin dapat menurunkan resiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung dan kanker usus besar.

National Cancer Institute bahkan merekomendasi untuk mengkonsumsi bawang putih mentah dibandingkan suplemen diet bawang putih.


10. Mengatasi Impotensi

Antioksidan yang ada dalam kandungan bawang putih membuat mengkonsumsinya dapat mengatasi impotensi.

Efeknya darah enjadi encer dan aliran darah menuju penispun akan semakin lancer sehingga dapat merangsang ereksi penis.

Manfaat makan bawang putih mentah ini bisa dilakukan sebelum melakukan aktivitas seksual.


11. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat makan bawang putih mentah untuk meningkatkan kesuburan pernah dikemukakan oleh Journal of Herbmed Pharmacology.

Riset tersebut mengungkapkan bahwa bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat memperbaiki kadar testosterone dan struktur testicular yang menyebabkan kualitas sperma menjadi lebih baik.

Riset ini memang belum dilakukan secara lebih lanjut tentang manfaat bawang putih untuk mengefektifkan kesuburan seseorang.


12. Meningkatkan Performa Olahraga

Apakah suka berolahraga? Nah, mengkonsumsi bawang putih mentah ternyata dapat meningkatkan performa olahraga menjadi lebih baik.

Hal tersebut pernah dibahas dalam riset Indian Journal of Physiology and Pharmacology yang menunjukan bahwa mengkonsumsi minyak bawang putih dua kali dalam sehari selama enam minggu dapat menaikan performa olahraga terutama pada para penderita penyakit jantung.

Keterujian manfaat ini masih membutuhkan banyak penelitian lebih lanjut karena melihat riset ini masih mengalami banyak kontradiksi.


13. Melawan Bakteri Dan Jamur

Merujuk pada penelitian yang pernah dilakukan Washington State University mengungkapkan bahwa kandungan diallyl sulfide pada bawang putih mampu mengatasi bakteri Campylobacter yang biasanya menjadi penyebab pada gangguan pencernaan.

Itulah sebabnya bawang putih mentah mampu melawan bakteri dan jamur pada manusia, bahkan 100 kali lipat kemampuannya lebih efektif daripada antibiotic pada umumnya.

Dari situlah bawang putih memiliki potensi yang besar untuk menjadikannya sebagai alternatif antibiotic alami.


14. Meringankan Keracunan Timah

Dalam dunia kesehatan keracunan timah sangat berisiko dalam berbagai macam masalah kesehatan yang serius.

Namun gejala tersebut dapat diringankan salah satunya dengan mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin.

Kandungan diallyl sulfide dan sulfur pada bawang putih dipercaya mampu memberikan perlindungan yang efektif dari kandungan logam berat, seperti timah yang bisa jadi masuk ke dalam tubuh manusia.


15. Menjaga Kesehatan Otak

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengkonsumsi bawang putih mentah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.

Berdasarkan penelitian dari Universitas Missouri menyatakan bahwa kandungan karbohidrat ruang yang ada di bawang putih dapat melindungi sel-sel otak dari efek penuaan dan penyakit.

Kandungan tersebut dapat mengurangi kadar oksida nitrat di sel mikroglia otak saat melawan peradangan dan stres oksidatif.


Boleh Mengkonsumsi Bawang Putih Mentah Seberapa Banyak?

Karena khasiatnya yang bisa dibilang sangat mujarab seharusnya tidak membuat kita terlalu kalap atau berlebihan dalam mengkonsumsi bawang putih mentah.

Sebenarnya tidak ada anjuran yang paten dalam menentukan seberapa banyak kita harus mengkonsumsi bawang putih mentah.

Jika memiliki kondisi tubuh yang sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan serius, maka bisa makan 1-4 siung bawang putih  per harinya.

Hal tersebut dikemukakan oleh para ahli dari University of Maryland Medical Center.


Semoga bermanfaat

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentarnya sob

Komentar

Popular Posts

Label

Blog Archive

Recent Posts

Recent Posts Widget

Data Lengkap

Data Lengkap
Kampung Cisitu The Best