kampung cisitu

Terimakasih sudah singgah di blog kampung cisitu

Negara-negara dengan waktu siang terlama


Informasi-blog cisitu, umumnya, di bumi ada yang namanya pergantian siang dan malam. Dalam kondisi normal seharusnya matahari muncul selama kurang lebih 12 jam, serta terbenam kurang lebih 12 jam. Peristiwa tersebut tidak lain karena adanya rotasi bumi.

Di sisi lain, siang juga sangat berpengaruh dalam kehidupan manusianya sendiri di mana bagi umat muslim, khususnya yang biasanya menjalankan puasa. Sebab, harus menahan lapar dari subuh hingga maghrib.

Pada bulan Maret hingga September, belahan bumi utara menerima cahaya matahari lebih lama dibandingkan dengan belahan bumi selatan. Sementara pada bulan Oktober sampai Februari, bumi selatan lebih lama menerima cahaya matahari dibandingkan belahan bumi utara.

Jika di Indonesia kondisi siang dan malam berjalan dengan semestinya. Namun, ternyata ada sejumlah negara di luar sana yang merasakan durasi siang yang lama dan durasi malam hari beberapa jam saja, bahkan hanya beberapa menit. Berikut negara-negara dengan siang terlama.

1. Islandia
Negara dengan sebutan negara paling damai di dunia ini mengalami waktu siang yang lama. Menurut Survei Global Peace Index 2015, mendapatkan peringkat negara paling lama siangnya. Di Islandia kita bisa merasakan siang hingga waktu paling lama mencapai 22 jam. Sehari-harinya hampir seluruh waktu selama 24 jam dihabiskan pada siang hari.

2. Norwegia
Negara dengan waktu siang terpanjang umumnya terletak di bagian utara bumi, Norwegia adalah salah satunya selain Islandia. Bahkan Norwegia juga dijuluki sebagai matahari tengah malam. Hal itu karena saat tengah malam tiba, kondisi di negara ini masih terang benderang layaknya saat siang hari.

Fenomena siang hari yang lebih panjang daripada malam hari ini sering disebut dengan midnight sun. Walau melihat hal tersebut sebagai hal yang luar biasa, nyatanya masyarakat di Norwegia sudah terbiasa dengan kondisi ini. Salah satu kota yaitu Hammerfest, yang terletak di paling utara Norwegia, bisa memiliki waktu siang hari hampir 24 jam saat awal Mei hingga akhir Juli.

3. Greenland
Greenland merupakan negara yang memiliki iklim dan suhu dingin yang sangat ekstrim. Namun, walau begitu, ternyata negara Greenland mempunyai jam siang selama 20 sampai 21 jam. Tidak banyak penduduk yang tinggal di Greenland, bahkan Greenland termasuk daerah yang paling sedikit penduduknya. Hal itu karena 80 persen wilayah Greenland tertutup oleh lapisan es abadi.

4. Kanada
Ada dua kota di Negara Kanada yang harus merasakan siang sepanjang hari saat musim panas tiba, yakni Kota Yukon dan Nunavut. Musim panas di negara ini biasanya terjadi mulai bulan Juni hingga Agustus. Saat waktu tersebut datang, penduduk di sana tidak bisa merasakan malam hari sama sekali.

Walau demikian, ternyata penduduk disana juga sudah terbiasa dengan keadaan yang satu ini. Sebab kedua kota tersebut letaknya memang berada di bagian paling utara Kanada.

5. Finlandia
Sama seperti negara-negara sebelumnya, Finlandia juga masuk sebagai negara yang paling sering mengalami fenomena midnight sun. Namun bedanya keadaan midnight sun di Finlandia tidak seekstrim di negara-negara sebelumnya. Saat musim panas tiba, malam hari akan terasa seperti sore hari, kondisi langitnya sedikit gelap, tetapi tetap masih ada sinar matahari di balik awan.

6. Swedia
Swedia merupakan salah satu negara yang letaknya berada di Eropa bagian utara, serta dekat dengan kutub utara. Maka tidak mengherankan jika beberapa kota di negara ini hanya merasakan langit gelap selama 30 menit saja saat musim panas tiba.

7. Alaska, Amerika Serikat
Alaskan menjadi bagian terbesar dari Amerika Serikat dan juga memiliki salju terindah di dunia. Fenomena midnight sun terjadi di Kota Barrow, yang terjadi pada akhir Mei hingga akhir Juli. Durasi waktu siang disana sangat panjang bahkan matahari tidak terbenam. Midnight sun juga terjadi di Fairbanks pada pertengahan April hingga akhir Juli setiap tahun, matahari tetap berada di atas ufuk selama lebih dari 70 hari.

Namun, pada bulan November matahari akan menghilang, biasanya disebut dengan fenomena Polar Night.

Sumber : kumparan

Semoga bermanfaat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentarnya sob

Komentar

Popular Posts

Label

Blog Archive

Recent Posts

Recent Posts Widget

Data Lengkap

Data Lengkap
Kampung Cisitu The Best