kampung cisitu

Terimakasih sudah singgah di blog kampung cisitu

Lakukan 14 hal agar si permata hati tumbuh sehat, bahagia, dan percaya diri

14 Hal yang Dibutuhkan Anak Perempuan dari Ayahnya, Para Ayah Wajib Tahu

Seorang ayah harus mengerti yang dibutuhkan anak perempuan untuk tumbuh sehat, bahagia dan percaya diri. 14 hal berikut ini adalah caranya.

Jumpa kembali dengan Kampung Cisitu.

Seorang ayah memiliki peranan penting dalam hidup anaknya, terutama anak perempuan. Mereka akan menerapkan standar terhadap lelaki dengan melihat perilaku ayahnya sejak kecil. Justin Ricklefs (http://www.justinricklefs.com/) membagikan pandangannya mengenai hal yang dibutuhkan anak perempuan, yang harus dimengerti oleh semua ayah.

Melalui halaman Huffington Post (http://www.huffingtonpost.com/justin-ricklefs/15-things-all-dads-of-daughters-should-know_b_5914680.html?ncid=engmodushpmg00000003), Justin menulis 15 daftar hal yang harus diketahui seorang ayah tentang anak perempuannya.

1. Dia ingin dicintai
Hal terpenting yang dibutuhkan anak perempuan dari ayahnya adalah cinta dan kasih sayang. Ayah adalah teladan, lelaki pertama yang dicintai oleh seorang anak perempuan. Tentunya dia ingin cintanya berbalas, agar kelak dia bisa dengan percaya diri mencari cinta sejati yang menjadi jodohnya.

Tentu Ayah tidak ingin puteri cantik kesayangan nya mengalami patah hati sejak dini kan? Justin menegaskan, jangan sampai para ayah membuat putrinya meragukan cinta mereka. Katakan pada puteri kesayangan Anda, bahwa Anda mencintainya, sebanyak mungkin, setiap hari.

2. Ayah memiliki pengaruh pada calon suaminya kelak
Sikap, perilaku, dan kepribadian seorang ayah akan menjadi gambaran bagi seorang anak perempuan, untuk memilih figur calon suaminya kelak. Bila Anda adalah sosok ayah yang baik, dan suami yang baik, maka pastinya puteri kecil Anda kelak akan menikah dengan orang yang memiliki kepribadian mirip dengan ayahnya.

Tetapi, bila Ayah bukan teladan pria yang baik, bisa jadi anak perempuan malah takut untuk menikah  karena tak ingin memiliki pendamping seperti ayahnya. Jadi Ayah, bersikap baiklah pada Bunda, karena hal tersebut dilihat oleh anak.

3. Mendengarkan musik kesukaannya
Mungkin Anda tidak menyukai musik yang ia senangi, namun seorang anak perempuan akan sangat bahagia jika Ayah ikut mendengar atau bernyanyi lagu favoritnya. Bukankah kebahagiaan anak, kebahagiaan orangtua juga?

4. Dia memperhatikan cara Ayah memperlakukan Bunda
Mencintai ibu dari anak-anak, adalah cara terbaik untuk memastikan kebahagiaan keluarga. Karena anak-anak mencintai ibu mereka, tentu mereka juga ingin melihat ayahnya memperlakukan sang istri dengan penuh cinta.

Justin mengaku, ketika ia sama sekali tidak punya waktu untuk kencan dengan Brooke istrinya, disaat bersamaan, anak-anaknya memiliki masalah. Sejak itu ia sadar, bahwa Brooke harus menjadi prioritas dibanding anak-anak.

5. Jangan menarik diri dari anak ketika dia tumbuh dewasa
Anak perempuan tetap membutuhkan kehadiran ayahnya, meski ia telah memasuki usia remaja, maupun dewasa. Karena figur Ayah tetap ia perlukan untuk tempat bersandar, mencari nasihat, atau sekedar tempat curhat.

Bila Anda tidak lagi menjalin ikatan emosional dengan anak karena dia beranjak remaja, Anda akan sangat menyesalinya. Karena itu, jangan menghindarinya ketika dia tidak lagi menggemaskan seperti saat bayi, atau tidak lagi bisa Anda gendong karena sudah terlalu besar.

6. Mengajari olahraga atau bela diri
Jaman sekarang, agar kuat menghadapi persaingan di dalam hidup. Anak perempuan tidak hanya perlu belajar berdandan, namun juga olahraga dan bela diri. Karena ada saat-saat dimana ia tidak didampingi siapapun, dan harus membela dirinya sendiri.

Karena itu, Ayah harus mengajari anak perempuan untuk bisa menjadi tangguh menghadapi apapun. Anak perempuan yang seperti boneka sudah banyak, tapi anak perempuan yang tangguh dan bisa menjaga dirinya sendiri, tentu menjadi kebanggaan sang Ayah.

7. Memahat kenangan
Tentunya para ayah menyadari, bahwa Anda tidak akan selamanya berada di sisi puteri kecil kalian. Karenanya, buatlah kenangan sebanyak mungkin tentang kebersamaan kalian bersama sang anak.

Kelak ketika dia telah menikah dan punya keluarga sendiri, dia akan selalu mengingat kenangan ini dan menjadikannya contoh untuk membuat kenangan bersama anak-anaknya nanti.

8. Ajari dia untuk berbagi
Sangat mudah menjadi egois ketika seorang anak selalu dimanja, dan selalu dituruti keinginannya. Di sinilah peran seorang ayah dibutuhkan, untuk membuka mata sang anak, bahwa semua hal dalam hidup tidak melulu tentang dirinya.

Ajari ia akan indahnya berbagi, mengalah demi kebaikan, dan berkorban untuk orang lain. Agar dia bisa menjadi pribadi yang lebih baik, dan disenangi banyak orang.

9. Menghadiri hari pentingnya
Kehadiran orangtua dalam acara penting dalam hidup anak, sangat berarti bagi seorang anak perempuan. Entah apakah itu pengambilan rapor, acara lomba, atau pementasan sekolah.

Tentu kehadiran Ayah akan membuat si cantik merasa sangat bahagia, karena di sela kesibukan Ayah mencari nafkah, masih sempat untuk menghadiri acara yang ia ikuti. Ini adalah bukti kasih sayang Ayah yang tak terbantahkan.

10. Jangan sekedar hadir
Yang dibutuhkan anak perempuan Anda, tidak hanya kehadiran Ayah secara fisik, namun juga emosional. Tidak akan ada maknanya jika Ayah mendampingi si kecil namun malah sibuk dengan ponsel sendiri.

Singkirkan gadget Anda, dan bermainlah bersamanya, karena masa kecilnya tidak akan berlangsung lama.

11. Mendandaninya
Belajar mendandani gadis kecil Anda, bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Bagaimana mengikat rambutnya, membuat kepangan yang cantik, atau memadupadankan baju agar telihat lucu. Didandani ibu sudah biasa, didandani Ayah, itu baru luar biasa.

12. Berkencan dengannya
Berkencan dengan anak Anda, bisa memberinya gambaran, bagaimana seharusnya seorang pria memperlakukan wanita ketika sedang berkencan. Tidak perlu mengeluarkan uang yang mahal, cukup jalan keliling komplek, jalan berdua saja ke toko eskrim, lalu bermain di taman. Perlakuan Anda padanya, akan melekat terus dalam ingatannya.

13. Kepribadian yang baik lebih penting dari penampilan
Selain kasih sayang, yang dibutuhkan anak perempuan dari ayahnya, adalah ketegasan sang ayah dalam meyakinkan dirinya bahwa penampilan bukanlah hal utama dalam hidup.

Ayah harus bisa meyakinkan putrinya, bahwa hati yang cantik, dan kepribadian yang baik jauh lebih penting dibandingkan penampilan yang menarik. Agar dia selalu percaya diri, dan tidak merasa down ketika melihat standar cantik di majalah dan televisi.

14. Meminta maaf jika berbuat salah
Seorang ayah yang meminta maaf, bukan berarti dia sedang merendahkan diri. Justru sedang mengajari anaknya, bahwa jika berbuat salah, maka harus meminta maaf.

Yang dibutuhkan anak perempuan ketika sang ayah menyakiti hatinya, atau melakukan sesuatu yang membuatnya sedih, adalah permintaan maaf yang tulus dari hati. Dengan begitu, dia akan memahami pentingnya meminta maaf saat berbuat salah.

Semoga bermanfaat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentarnya sob

Komentar

Popular Posts

Label

Blog Archive

Recent Posts

Recent Posts Widget

Data Lengkap

Data Lengkap
Kampung Cisitu The Best