kampung cisitu

Terimakasih sudah singgah di blog kampung cisitu

5 Bahaya Makan Cilok Bagi Kesehatan

 

Cilok adalah makanan ringan yang berbentuk seperti bakso yang mudah ditemukan diberbagai sekolahan atau pedagang kaki lima pinggir jalan. Banyak pedagang cilok nakal yang memperdagangkan ciloknya dengan penambahan bahan bahan yang tidak layak untuk dikonsumsi.

Bahan dasar untuk pembuatan cilok :

1. Formalin

Bahaya makan cilok biasanya karena ada penambahan formalin didalamnya yang tujuannya agar jika dagangan cilok tidak banyak yang laku ketika dijual,

Pedagang dapat menjualnya kembali dihari hari berikutnya. Formalin dapat mengganggu kesehatan organ internal jika di konsumsi dalam jumlah berlebihan. Cilok yang menggunakan formalin cenderung dijauhi lalat atau serangga lainnya.

Untuk membuktikan cilok memakai formalin atau tidak anda bisa melihat apakah cikol dikerubungi lalat atau tidak, Jika tidak maka cilok tersebut mengandung formalin.


2. Bahan pewarna

Bahaya makan Cilok dapat juga dikarenakan didalam pembutannya memakai bahan pewarna buatan yang biasanya digunakan untuk mewarnai pakaian. Cilok yang mengandung zat pewarna buatan akan senantiasa terlihat bersih dan cemelang.

Kondisi ini berguna untuk menarik perhatian para pelanggan termasuk anak-anak agar segera membelinya dan mengkonsumsinya.


3. Saus buatan sendiri

Pedagang cilok kerab membuat sausnya dengan bahan bahan yang sudah tidak terpakai dan tanpa dicuci terlebih dahulu. Saus dapat diolah dengan menggunakan cabe kering, Tomat busuk. Ubi jalar, Jagung bekas dan sebagainya.

Bahan-bahan tersebut lebih sering dalam keadaan yang telah membusuk lalu mereka manfaatkan kembali menjadi saus yang berwarna orange cerah, Dimana warna yang didapat adalah dari warna buatan. Bahaya makan cilok yang sering menimpa anak-anak berupa perut mual dan terserang diare adalah karena pemakaian sausnya yang tidak steril.


4. Ikan

Bahaya makan cilok bisa juga dikarenakan pemakaian bahan dasar Ikan yang dipakai kebanyakan adalah jenis ikan yang sudah tidak bagus lagi atau telah jadi bangkai,

Namun ketika dipakainya formalin dan borak maka aroma tidak sedapnya akan hilang.


5. Borak

Pemakaian borak pada cilok lebih kepada tujuan untuk kekenyalan cilok, Cilok yang tersa kenyal lebih disukai anak-anak karena memiliki sensasi yang mengenyal ketika sedang dikunyah. Bahaya makan cilok paling sering diakibatkan karena adanya bahan borak didalam pembuatan cilok itu sendiri yaitu berupa keracunan, Muntah, Mual atau kepala pusing.


Semoga bermanfaat.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentarnya sob

Komentar

Popular Posts

Label

Blog Archive

Recent Posts

Recent Posts Widget

Data Lengkap

Data Lengkap
Kampung Cisitu The Best