kampung cisitu

Terimakasih sudah singgah di blog kampung cisitu

7 Tingkatan Neraka

Kematian pasti datang pada setiap makhluk hidup tanpa kecuali dan terjadilah kiamat besar yang akan membumi hanguskan seluruh yang ada dibumi dan langit.
Dan disitulah akan ada pertanggung jawaban dari setiap makhluk hidup ketika masih berada di dunia dan tentunya di akhirat hanya ada dua tempat yakni Syurga dan Neraka.
Tulisan kali ini saya ingin mencoba berbagi ilmu yang saya dapat dari segala sumber, ada 7 nama neraka berikut penjelasannya.
1. Neraka Hawiyah
Nama neraka yang pertama sekaligus yang paling ringan siksaannya adalah Neraka Hawiyah. Dalam Alqur'an banyak diujelaskan diantaranya : Dan adapun orang-orang yang ringan timbangannya maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah, dan tahukah kamu apakah neraka hawiyah itu? yaitu api yang sangat panas. (Al-Qori'ah : 8 - 11)

2. Neraka Jahim
Nama neraka yang kedua adalah Neraka Jahim, menurut tafsiran para ahli tafsir bahan baku yang digunakan Allah untuk menyiksa manusia yang ada di neraka jahim adalah bebatuan. Penghuni neraka jahim sendiri kabarnya adalah orang-orang yang sesat dalam aktivitas peribadahan kepada Allah swt.

3. Neraka Saqar
Nama neraka yang ketiga adalah Neraka Saqar. Penjelasan neraka saqar ada di salah satu ayat Alqur'an yang artinya : Apakah yang memasukan kamu ke dalam Saqar? mereka menjawab : Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak pula memberi makan orang miskin dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya dan adalah kami mendustakan hari pembalasan (Q.S Al-mudatsir : 42-46).

4. Neraka Ladza
Nama neraka yangv ke empat adalah Neraka Ladza. Hampir sama seperti neraka Hawiyah. Neraka Ladza juga dipenuhi dengan api yang bergejolak, yang panasnya dapat mengelupaskan kulit kepala manusia. Neraka ini akan dihuni oleh orang yang suka berpaling dari agama dan suka mengumpulkan harta benda untuk disimpan.

5. Neraka Huthamah
Nama neraka yang kelima adalah Neraka Huthamah. Dalam surat Al-Humazah ayat 5-7 yang artinya : Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? yaitu api yang disediakan Allah yang dinyalakan, yang membakar sampai ke hati.

6. Neraka Sa'ir
Neraka yang keenam adalah Neraka Sa'ir. Penjelasan mengenai Neraka Sa'ir ada didalam surat An-Nisa ayat 10 yang artinya : Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk kedalam api yang menyala-nyala.

7. Neraka Jahannam
Neraka yang ketujuh adalah Neraka Jahannam dimana neraka ini sebagai keraknya neraka (berada ditempat yang paling bawah), penjelasan mengenai Neraka Jahannam ada didalam surat Al-Hijr ayat 43 yang artinya : Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (Pengikut-pengikut Syaitan) semuanya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentarnya sob

Komentar

Popular Posts

Label

Blog Archive

Recent Posts

Recent Posts Widget

Data Lengkap

Data Lengkap
Kampung Cisitu The Best