kampung cisitu

Terimakasih sudah singgah di blog kampung cisitu

Ketika harus mengetik dengan huruf arab

Assalamualaikum, sukses untuk tahun 2019.
Sobat Blog Cisitu artikel yang akan saya coba tulis kali ini adalah tentang menambahkan tulisan arab.

Adalah pengalaman saya waktu itu tanggal 5 Januari ada seseorang datang yang ingin minta tolong untuk di ketikan, ketika saya lihat ternyata yang harus diketikan itu adalah bahasa arab.

Bagaimana kelanjutannya, simak dibawah ini.




1. Jika sobat menggunakan windows 7 dapat mengaktifkan keyboard arabic dengan cara mengarahkan kursor mouse pada menu Start lalu memilih Control Panel.













2. Selanjutnya dapat memilih Clock, Language, and Region, lalu memilih Region and Language.











3. Akan muncul menu pop up seperti pada gambar di samping. Pengguna dapat memilih Keyboard and Language dan klik Change Keyboard.















4. Setelah itu akan muncul menu pop up kembali, kemudian mengarahkan kursor mouse pada tombol Add. Tombol Add berguna untuk memilih jenis huruf yang dikehendaki termasuk huruf arab.












5. Lalu akan muncul menu Add Input Language, yakni memilih bahasa yang akan digunakan. Sobat harus memilih Arabic (Saudi Arabia) kemudian Arabic (101) dan klik Ok.










6. Untuk mengecek apakah sudah masuk dalam pengaturan?, dapat mengklik tombol EN yang terdapat di bagian kanan bawah. Jika telah terdapat tulisan seperti di samping, maka keyboard huruf arab telah aktif.




7. Untuk merubah keyboard English (EN) atau Arabic (AR) dapat dilakukan cara menekan tombol shift+alt. Jika yang tertulis EN, maka yang aktif yakni tulisan seperti biasa. Sedangkan jika tertulis AR, maka yang aktif adalah tulisan Arab.



8. Diusahakan untuk menulis arab, pertama  harus dilakukan yakni membuat dokumen baru. Jika belum dapat menyesuaikan huruf biasa dengan huruf arab, dapat melihat gambar berikut ini.

9. Sobat dapat menulis huruf arab sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika ingin menggandeng tulisan arab (disatukan antara satu dengan yang lainnya), maka tidak perlu menggunakan spasi dan sebaliknya.

Semoga bermanfaat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentarnya sob

Komentar

Popular Posts

Label

Blog Archive

Recent Posts

Recent Posts Widget

Data Lengkap

Data Lengkap
Kampung Cisitu The Best