kampung cisitu

Terimakasih sudah singgah di blog kampung cisitu

Kisah nabi Idris

Nabi Idris adalah keturunan keenam dari Nabi Adam yang lahir di Mesir. Nama asli Nabi Idris adalah Khanukh, sementara itu guru utama Nabi Idris adalah Syis. Nabi Idris adalah nabi yang memiliki kecerdasan yang luar biasa, beliau adalah manusia pertama yang berhasil menjinakkan kuda dan menjadikannya sebagai tunggangan. Nabi Idris menjinakkan kuda untuk membantunya dalam berbagai kegiatan terutama mengangkat barang, dengan kecerdasan dan apa yang dilakukan oleh Nabi Idris banyak orang yang kagum terhadap Nabi Idris. Dengan penemuan dan juga kecerdasan Nabi Idris membuat kaumnya menjadi lebih makmur hidupnya karena terbantu dengan berbagai penemuannya salah satunya adalah cara untuk menjinakkan kuda.

Dikutip dari buku Hikmah Kisah Nabi dan Rasul karya Ridwan Abdullah Sani dan Muhammad Kadri, (2021: 32) untuk Kisah Nabi Idris sendiri sebenarnya tidak banyak keterangan yang ada di dalam Al-Quran. Salah satu ayat yang menjelaskan mengenai kisah Nabi Idris adalah Surat Maryam ayat 56 dan 57.

وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ إِدْرِيسَ إِنَّهُ كَانَ صِدِّيقًا نَبِيًّا

وَرَفَعْنَاهُ مَكَانًا عَلِيًّا

Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al Qur'an. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi.

Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.

Perlu diketahui bahwa Nabi Idris adalah nabi pertama yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT melalui malaikat Jibril. Berkat kecerdasannya Nabi Idris juga menjadi manusia pertama yang menggunakan pena serta menjahit untuk membuat baju dan pakaian. Pasalnya sebelum itu manusia belum mengenal pakaian, bahkan Nabi Idris menjadi manusia pertama yang mengerti mengenai kesehatan. Nabi Idris sendiri berdakwah untuk menegakkan agama Allah SWT dan mengajarkan ketauhidan pada seluruh umatnya.

Semoga bermanfaat.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentarnya sob

Komentar

Popular Posts

Label

Blog Archive

Recent Posts

Recent Posts Widget

Data Lengkap

Data Lengkap
Kampung Cisitu The Best